Sistem Pembayaran Online

By Unknown - November 15, 2017

1. Paypal
Paypal adalah alat pembayaran dalam mata uang dollar yang hanya bisa dilakukan secara online atau melalui internet. Misalnya jika bisnis anda melibatkan pelanggan dari luar negeri dimana setiap transaksi menggunakan dollar, maka anda harus menyediakan metode pembayaran melalui paypal.

2. Kartu kredit
Kartu kredit adalah sebuah alat pembayaran dalam mata uang lokal yang dikeluarkan oleh pihak bank dan bisa digunakan untuk melakukan pembayaran online maupun offline. Misalnya jika ada pembeli yang ingin membeli produk anda di internet dengan mata uang rupiah, maka mereka bisa menggunakan kartu kredit.
Sedangkan pembayaran menggunakan kartu kredit secara offline bisa dijumpai di mall-mall atau supermarket maupun tempat-tempat perbelanjaan lainnya yang ada di dunia nyata.

3. Transfer bankTransfer bank adalah cara pembayaran online menggunakan mata uang lokal melalui perpindahan antar rekening bank. Misalnya, jika ada seorang pembeli ingin membeli produk anda, maka ia bisa memindahkan uang dari rekening miliknya ke rekening anda secara online sesuai dengan jumlah harga yang ditentukan.
Pembayaran via transfer bank ini bisa dilakukan secara menual dengan mendatangi kantor bank via kasir maupun via mesin ATM, atau juga bisa dilakukan secara online melalui internet banking.

4. Transfer kawat
Transfer kawat atau disebut “Wire Transfer” adalah metode pembayaran elektronik antar mata uang dari negara lain ke negara penerima. Misalnya, ada seorang pembeli dari luar negeri yang ingin membeli produk anda dalam bentuk mata uang rupiah, maka ia bisa membayarnya dengan mata uang dollar sesuai dengan harga dalam kurs rupiah melalui transfer kawat ke rekening bank anda. Setelah itu uang akan masuk ke rekening bank anda dalam bentuk rupiah.

5. Western union
Western union adalah metode pembayaran tunai secara online yang hanya bisa dilakukan antar negara dari mata uang negara asal menjadi mata uang negara penerima. Pembayaran via western union ini dilakukan secara online, namun si penerima harus mengambil uang secara offline karena berbentuk uang tunai.
Western union ini biasanya digunakan untuk pembayaran uang oleh google kepada publisher adsense maupun untuk pengiriman gaji pekerja luar negeri ke kampung halamannya.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar