Penerapan E-Business pada PT. Fashion Eservices Indonesia (ZALORA)

By Unknown - November 29, 2017

Image result for logo zalora


Seiring kemajuan teknologi di bidang komunikasi atau di bidang internet membuat kita semakin mudah dalam melakukan berbagai aktivitas dan membuat orang-orang berlomba dalam membuat suatu yang baru dalam hal apasaja termasuk dalam hal berbelanja atau istilah baratnya shopping. Belakang-belakangan ini semakin marak yang namanya belanja online atau online store di Indonesia dikarenakan belanja online memiliki konsep untuk memudahkan orang-orang dalam berbelanja. Sekarang ini sudah banyak situs-situs belanja online yang menyediakan alat-alat elektronik, computer, gadget, pakaian, sepatu, aksesoris, dan lain-lain.
ZALORA Indonesia  adalah sebuah toko online yang ikut meramaikan pasar E-commerce di Indonesia. Zalora Indonesia adalah situs web belanja yang menyediakan kebutuhan mode pakaian yang terdiri dari produk berbagai merek, baik lokal maupun internasional. Zalora Indonesia yang didirikan pada tahun 2012 oleh Catherine Sutjahyo, merupakan bagian dari ZALORA Group yang didirikan pada akhir 2011 oleh Rocket Internet GmbH, yang mencakup Grup retail fashion online terkemuka di Asia Pasifik The Iconic di Australia dan Selandia Baru.
ZALORA adalah partner dari toko barang elektronik Lazada.co.id. Lokasi kantor ZALORA Indonesia berada di Menara Bidakara I, Lt. 17 Jl. Jendral, Gatot Subroto Kav. 71 – 73, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan, 12870 (PT. Fashion Eservices Indonesia).
ZALORA Memiliki koleksi lebih dari 500 merek lokal, internasional dan designer, pelanggan dapat berbelanja online dengan pilihan produk fashion pria dan wanita mulai dari pakaian, sepatu, aksesoris dan produk kecantikan.



Perkembangan



Situs belanja online ini merupakan salah satu cabang dari toko online terbesar di Eropa, Zalando. Di lingkup Asia namanya Zalora yang memiliki adik perusahaan di delapan negara, seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, Vietnam, Taiwan, Hongkong, Thailand, dan FIlipina. Zalora dengan keyakinan bahwa bisnis e-commerce di tanah air akan berhasil. Karena akses ke daerah kecil masih kurang, dengan adanya Zalora semua orang punya akses. Perkembangannya didukung oleh kerja sama tim Zalora dalam memasarkan web-store mereka. Diawali dari promosi secara online, seperti melalui Google, Facebook, Twitter, dll.

Saat ini Zalora sudah memasarkan produknya di Mobile app, yaitu Zalora Mobile App yang dapat didownload pada Smartphone berbasis android. Zalora Android App ini memungkinkan para pengguna yang gemar berbelanja untuk menerima push notification untuk setiap barang baru dan promo khusus sehingga mereka akan selalu memperoleh informasi fashion terkini. Melalui aplikasi ini para pengguna juga dapat dengan mudah mengakses informasi produk secara keseluruhan termasuk gambar, peringkat dan ulasan produk.

Lebih jauh lagi, kemampuan built-in dari OS Android menjadikan tampilan animasi Zalora Android App lebih menarik, salah satunya ketika para pengguna akan menambahkan dan menyimpan belanjaan ke dalam shopping cart. Beragam pilihan metode pembayaran pun semakin memudahkan aktivitas belanja online pelanggan yang mendownload aplikasi ini.











Sistem Penjualan Zalora


Sistem penjualan pada Zalora merupakan B2C ( Business to Customer) dimana target pemasaran mereka adalah individu. Sistem penjualan pada Zalora ingin memberikan pengalaman yang berbeda dari pembelian secara fisik. Zalora berfokus kepada penjualan produk seperti pakaian, sepatu, tas, aksesoris, sports, bahkan produk kecantikan. Zalora menawarkan produk-produk dari berbagai brand terkemuka baik lokal maupun internasional. Beberapa keunggulan yang diberikan oleh Zalora adalah : 
  • Menawarkan sistem layanan antar gratis khusus pulau Jawa dan Bali. untuk pulau Sumatera dan Kalimantan dikenakan biaya pengiriman apabila pembelian dibawah Rp 200.000 . Sedangkan wilayah Indonesia Timur dan Nusa Tenggara akan dikenakan biaya kirim apabila pembelian dibawah Rp 300.000.
  • Sistem COD di berbagai kota besar di Indonesia. Selain itu Zalora juga menyediakan layanan COD menggunakan debit card dan credit card untuk wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat.
  • 30 hari garansi uang kembali *berlaku ketentuan
Perusahaan juga menyediakan layanan Customer Service untuk seputar pertanyaan, bantuan, dan belanja via telepon dengan nomor : 021-29490100

Senin s.d Jumat : 09.00 - 21.00 WIB
Sabtu   : 09.00 - 13.00 WIB
E-mail : help@zalora.co.id




Tampilan Website



Halaman website Zalora dibuat begitu menarik dan simpel. Zalora telah mendesain sebuah sistem navigasi yang mampu memandu konsumen untuk transaksi dan membeli barang dengan mudah. Halaman produk pada website ini mencerminkan halaman yang sangat informatif mengenai detail produk, pilihan motif, ketersediaan stok. Hal ini sangat membantu konsumen untuk memilih produk atau pilihan motif yang sesuai selera, dengan berbagai macam desain yang telah tersedia, website ini juga menyediakan quick link yang memudahkan konsumen untuk mengecek informasi terbaru atau barang baru, barang yang telah di kirim atau resi pengiriman barang, memudahkan mencari barang yang kita inginkan, serta mengetahui tentang fitur layanan bebas ongkos kirim, Cash on Delivery, garansi barang, dan informasi melalui telepon jika ada masalah tentang pengaduan barang.








Konten

Berbagai konten tentang produk yang tersedia pada website ini disusun dengan sangat rapi dan jelas. Konten yang tersedia juga lengkap. Produk-produk tersebut dibagi menjadi beberapa kategori yaitu kategori wanita dan pria. Semua produk tersebut di tampilkan di website Zalora dengan informasi yang sangat jelas dan lengkap. Informasi tersebut mencakup pilihan ukuran, tabel ukuran, rincian produk, bahkan gambar yang menampilkan semua sisi produk. Beberapa konten yang tersedia pada website Zalora:

  • Home. Berisikan tentang halaman depan website yang terdiri dari informasi umum seputar Zalora.
  • Account. Pendaftaran sebagai member sebelum melakukan transaksi jual-beli.
  • Marketplace
  • Outlet
  • Magazine (Zalora Magazine), berisikan tentang berita fashion, trend dan gaya terbaru.
  • Layanan. terdiri dari FAQ, Panduan mengenai ukuran barang, cara pengambalian barang, product index, promo, konfirmasi tansfer, kontak person, lacak pesanan.
  • Tentang Zalora. berisikan seputar tentang sejarah Zalora, media, karir, kebijakan privasi, affiliate marketing, persyaratan dan kententuan dsb.
  • Sosial Media. Di dalam website ini tersedia juga list dari berbagai macam situs yang dapat mempermudah konsumen untuk mengakses segala informasi tentang Zalora sekaligus berhubungan dengan pihak Zalora secara langsung, seperti facebook, twitter, blogger, instagram youtube dsb.
  • Pembayaran dan Jasa Pengiriman. Zalora mencantumkan secara lengkap mengenai jenis pembayaran yang dapat digunakan dan jasa pengiriman yang dapat dipilih konsumen.


 





Kecepatan Akses



Website Zalora terbilang cukup cepat dan mudah dalam hal aksesnya sekalipun diakses melalui ponsel. Namun terkadang akses bisa saja lambat jika jaringan yang digunakan pengakses sedang tidak dalam kondisi baik.




Kelebihan dan Kekurangan




  • Tersedianya fasilitas Live Chat yang dapat digunakan konsumen terkait dengan pertanyaan-pertanyaan yang ingin diajukan secara langsung (online) dengan Zalora


  • Tampilan website yang diakses melalui ponsel tidak kalah menarik jika dibandingkan dengan mengakses melalui PC.
  • Website mudah digunakan oleh siapa saja dan dapat diakses di mana saja.
  • Berbagai macam Brand terkenal yang tercantum pada website menjadi nilai tambah bagi website, hal ini dapat dijadikan daya tarik terhadap konsumen pada produk yang ditawarkan. 

  • Selain fasilitas Live Chat, website Zalora ini memiliki akses Help bagi para pengunjung yang menemukan kesulitan pada proses apapun.
  • Website Zalora ini sudah memenuhi syarat dalam menerapkan metode komputasi modern.
  • Tingkat keamanan tinggi dan tidak ada sesuatu yang membuat website ini tidak nyaman untuk dilihat. Pelanggan juga tidak perlu khawatir akan kemananan bertransaksi, karena Zalora ini adalah salah satu online store terbesar yang ada di Indonesia.  

Untuk saat ini saya belum menemukan kekurangan pada wabsite Zalora, karena website ini sudah dirancang dengan sangat simpel namun lengkap dan jelas tentang berbagai informasinya serta tampilannya yang menarik sehingga tidak mempersulit pelanggan dalam mengakses atau memesan produk karena prosedur pemesanan, pembayaran serta pegecekan pesanan sudah tercantum dengan sangat rinci dan mudah dipahami.
                                                           



Cara Pembelian di Zalora

  • Pilih kategori produk yang ingin Anda beli. Anda bisa langsung klik produk yang diinginkan. 
  • Pada halaman produk, pilih ukuran yang Anda inginkan dan klik Beli untuk memasukkan barang ke tas belanja. 
  • Jika Anda sudah menentukan barang-barang yang ingin dibeli, klik Lanjut ke Pembayaran untuk melakukan transaksi. 
  • Anda akan diarahkan ke halaman login/daftar. Jika Anda sudah memiliki akun di ZALORA, Anda bisa memilih Login. Jika Anda belum memiliki akun di ZALORA, Anda bisa membuatnya dengan cara klik Lanjutkan. 
  • Di halaman selanjutnya (setelah login/daftar), Anda akan menemukan tiga buah kolom yang wajib diisi.
  • Kolom Pertama: Data Pelanggan dan Alamat Pengiriman. Isikan data Anda dan alamat tujuan pengiriman pesanan Anda. 
  • Kolom Kedua: Metode Pembayaran. Pilih metode pembayaran yang Anda inginkan (cash on delivery, transfer ke rekening bank, atau kartu kredit). 
  • Kolom Ketiga: Konfirmasi Pesanan. Pastikan barang yang ingin Anda pesan sudah sesuai.
  • Setelah Anda memastikan bahwa semua isian sudah dilengkapi dengan benar, klik Bayar. Pembayaran Anda akan langsung diproses dan Anda bisa menunggu email notifikasi dari Zalora.



Keamanan


Pihak zalora memberikan keamanan terhadap proses pembayaran dengan cara melakukan transaksi pembayaran melalui Transfer ATM, dan jika masih tidak percaya atau Bahasa kasarnya takut tertipu, pihak zalora memberikan fasilitas COD (Cash On Delivery) pembayaran langsung apabila barang telah sampai. Zalora menjamin keamanan dari data yang di input oleh costumer.

            

ZALORA memastikan bahwa informasi yang dikumpulkan akan disimpan dengan aman. Kami menyimpan informasi pribadi Anda dengan cara:

· Membatasi akses ke dalam informasi pribadi Anda

· Mengurus dan mengelola produk-produk teknologi kami untuk mencegah akses komputer yang tidak memiliki izin

· Secara aman menghancurkan informasi pribadi Anda saat kami tidak lagi membutuhkannya untuk tujuan catatan retensi

ZALORA menggunakan teknologi 128 - bit SSL (secure sockets layer) encyption saat memproses rincial finansial Anda. 128-bit SSL encryption bisa dikira mungkin akan membutuhkan waktu sesedikitnya satu triliun tahun untuk rusak, dan ini adalah standar industri. Untuk lebih lengkapnya dapat dilihat pada http://www.zalora.co.id/privacy-policy/





Sumber:



  • Share:

You Might Also Like

0 komentar