Memperoleh Omset Puluhan Juta dari Tokopedia

By Unknown - November 01, 2017


Memperoleh Omset Puluhan Juta Perbulan Melalui Tokopedia
Oleh Anggana Raras Bethari



Tokopedia telah lama diketahui sebagai salah satu Market Place terbesar di Indonesia bersama dengan Lazada, BukaLapak, Zalora, Shopee, dan lain-lain. Dalam berbisnis, tidak jarang masyarakat yang memilih Tokopedia sebagai sarana bagi para pengusaha untuk mempublikasikan produk yang di jualnya.

Apabila mengutip dari Channel Youtube milik desainme official, ada beberapa Tips dan Trick dalam berjualan di Tokopedia, diantaranya yaitu:

  • Apabila pesaing memiliki produk serupa dengan harga yang lebih murah, gunakanlah kata kunci yang berbeda dari pesaing kita untuk mengurangi resiko yang akan kita hadapi. Apabila kita menggunakan kata kunci yang sama dengan pesaing kita, sudah bisa dipastikan konsumen pun akan lebih memilih berbelanja di toko milik pesaing kita.
  • Berikanlah penjelasan sedetail mungkin mengenai produk yang akan kita jual di Tokopedia. Jangan mengkopi deskripsi produk milik pesaing kita. Berikanlah gambaran mengenai produk yang kita jual sejelas-jelasnya dan kemukakan kelebihan dari produk yang kita jual kepada masyarakat.
  • Berikanlah kata-kata yang dapat mempengaruhi konsumen untuk membeli produk di toko kita, misalnya adalah "Awas tertipu barang murahan, kami jamin barang yang kami jual adalah original yang mana original adalah kualitas terbaik."
  • Pada gambar produk kita, berikanlah stiker bertuliskan "Original".

Selain itu, Tokopedia juga memiliki kelebihan dan kekurangan dalam membantu pengusaha untuk memasarkan produk, kelebihan dari Tokopedia itu sendiri diantaranya adalah :

  • Biaya untuk membuka toko di Tokopedia gratis.
  • Cenderung lebih dipercaya oleh calon pelanggan karena Tokopedia menggunakan rekening bersama dan website Tokopedia sudah terkenal di kalangan masyarakat.
  • Pengusaha mendapatkan fasilitas marketing tambahan dari Tokopedia. Sehingga pengusaha tidak perlu repot-repot untuk memasarkan produk tersebut di berbagai tempat.

Kekurangan dari Tokopedia itu sendiri diantaranya:
 • Harga cenderung hancur-hancuran. Maksudnya adalah, dalam Tokopedia terdapat beberapa pengusaha yang menjual produk serupa namun dengan harga yang berbeda. Ketika calon pelanggan mencari tempat produk tertentu di Tokopedia, maka harga yang muncul pun akan sangat bervariatif mulai dari yang termurah sampai yang termahal. 
 • Database pelanggan menjadi hak milik perusahaan. Artinya, ketika pelanggan membeli produk di toko kita, kita tidak akan memperoleh data seperti alamat email konsumen. 
 • Kita tidak bisa memantau optimasi dari iklan facebook kita karena pixel facebook kita tidak tertrigger di Korea.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar